Sabtu, 16 Maret 2019

Bermain Scrabble Menjadi Salah Satu Terapi Alzheimer atau Demensia


Penurunan kognitif seperti Demensia dan Alzheimer dapat terjadi karena otak kehilangan kekuatannya. Menguatkan otak kembali menjadi salah satu agenda penting bagi para penderita kedua penyakit tersebut. Bermain Board Game Scrabble ternyata sangat disarankan untuk lansia yang ingin mengurangi risiko penurunan kognitif.

Scrabble sendiri adalah board game yg berbentuk permainan kata di mana dua atau empat pemain mencetak poin dengan menempatkan balok huruf di papan. Balok ubin huruf itu harus diatur agar membentuk sebuah kata berdasarkan kamus standar. Sebuah studi yang diadakan oleh Rush Alzheimers Disease Center mengonfirmasi bahwa rutin meluangkan waktu untuk bermain papan dan puzzle akan mendorong stimulasi mental, sehingga dapat meningkatkan fungsi memori, kapasitas berbahasa, rentang perhatian, dan kemampuan spasial. Risiko penyakit alzheimer terbukti berkurang hingga 47 persen pada orang-orang yang paling sering melakukan aktivitas olah otak semacam ini.


Board Game Scrabble ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dapat menjadi terapi bagi penderita Alzheimer atau Demensia, bermain Board Game Scrabble juga akan memengaruhi endorphin sehingga meningkatkan kebahagiaan. Saat bermain, pemain menunjukkan empati, kasih sayang, dan kepercayaan kepada orang lain melalui tawa selama sesi permainan.

Sebuah studi juga mengatakan bahwa permainan klasik seperti Board Game Scrabble dapat melatih neuron otak dan menjaganya tetap tajam. Permainan seperti Board Game Scrabble bertujuan untuk mengasah kecerdasan otak. Pemain jadi dirangsang untuk mengingat banyak kata dalam waktu yang relatif singkat sehingga dapat meningkatkan ingatan seseorang.


Senior Living DKhayangan menyediakan banyak variasi Board Game termasuk Scrabble yang dapat dimainkan oleh para lansia. Board Game dimainkan sebagai terapi para penderita Alzheimer atau Demensia dan juga untuk mengisi kegiatan para lansia dengan teman-temannya. Di Senior Living DKhayangan para lansia dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan dan memiliki teman serta menjalani pola hidup yang sehat dan terorganisir. 

0 komentar:

Posting Komentar