Sabtu, 09 Maret 2019

Membentuk Pola Hidup Sehat Lewat Olahraga Memanah


Siapa yang tidak kenal dengan olahraga memanah? Salah satu olahraga yang minim gerakan ini mulai digemari oleh semua kalangan, dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua lanjut usia. Bagi anak-anak, memanah dapat menjadi terapi khusus demi meningkatkan fokus dalam memahami pelajaran di sekolah.

Olahraga memanah memang sangat disarankan bagi anak dengan usia produktif sekolah dengan tujuan mengasah fokus dan konsentrasi yang dapat menunjang proses belajar. Adapun manfaat lain yang dapat didapat dari olahraga memanah antara lain:

1. Fokus dan Konsisten

Dalam memanah kita dituntut untuk bisa fokus sekaligus konsisten dalam meluncurkan busur panah ke titik sasaran. Semakin besar tenaga yang kita berikan ketika melepaskan anak panah maka semakin cepat anak panah itu meluncur, sehingga kemungkinannya kecil untuk mendapatkan gaya dorong dari angin. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

2. Melatih Koordinasi

Menguatkan koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan yang penting untuk memanah. Dengan berbagai gerakan yang berbeda seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata, tangan anda akan terlatih untuk bisa bekerja sama dalam waktu yang cepat. Cerebellum yang ada di belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Selain akan menghasilkan pembidikan yang baik, peningkatan koordinasi dan kecepatan juga bisa membantu Anda dalam kegiatan lainnya.

3. Menyehatkan Jantung

Pemanah dapat berjalan sejauh 70 meter saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif berjalan dari olahraga memanah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki, karena anda akan lebih sering untuk berjalan mengambil kembali anak panah.

4. Relaksasi

Melepaskan anak panah dan melihatnya mengenai papan target sasaran dapat melahirkan kepuasan tersendiri. Tingkat kejenuhan akan berkurang ketika koordinasi tangan dan mata dalam mencapai target, dilepaskan. Rangkaian gerakan dalam mencapai target itulah yang akan menciptakan relaksasi tersendiri ketika anak panah meluncur menuju sasaran.

Aktivitas Memanah menjadi salah satu kegiatan Member di Senior Living DKhayangan yg bermanfaat menjaga kebugaran tubuh, otot tangan menjadi kuat, fokus dan ketenangan, hingga menghilangkan tremor bagi lansia (Senior).

Memanah merupakan olahraga yang dapat dilakukan tiap generasi. Setiap generasi dapat melakukannya tanpa mengesampingkan manfaat kesehatan di dalamnya. Di samping itu, memanah dapat dimanfaatkan juga sebagai momentum berkumpulnya keluarga pola hidup sehat sambil tetap menciptakan keharmonisan dan keselarasan dalam keluarga.

Membentuk Pola Hidup Sehat Lewat Olahraga Memanah dapat dinikmati di DKhayangan Archery Centre (DAC) Jababeka. Dapatkan pengalaman memanah yang tak terlupakan di area memanah terbesar di Jawa Barat. Daftarkan diri segera sebagai bagian dari pengalaman mengesankan tak terlupakan ini.

0 komentar:

Posting Komentar