Jumat, 02 Agustus 2019

Ingin Biaya Renovasi Rumah Jadi Lebih Murah? Ikuti Tips Ini


Merenovasi hunian memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan tak jarang pula dana yang harus Anda keluarkan melebihi anggaran yang sudah direncanakan. Untuk itu pastikan Anda mengetahui dasar-dasar renovasi agar anggaran dapat tercapai dengan maksimal. Ingin biaya renovasi rumah dapat lebih murah? Pastikan terapkan beberapa tips berikut ini. 

Buat Skala Prioritas agar Renovasi Tidak Membengkak
Bila mengikuti kata hati atau saran tukang, bisa saja renovasi baru saja dilakukan setengah namun anggaran sudah habis. Untuk itu pastikan Anda membuat skala prioritas ketika hendak merenovasi hunian. Jika tujuan utama hanya ingin membuat kamar tidur anak, maka lakukan sesuai rencana. Jika tak fokus pada tujuan maka biaya yang dikeluarkan bisa membengkak. 

Menggunakan Bahan Bangunan Bekas Tapi Masih Layak Pakai
Tentu Anda masih punya beberapa bahan bangunan bekas renovasi sebelumnya tapi masih layak pakai bukan? Jadi tak ada salahnya menggunakan bahan bekas tapi masih dalam keadaan yang bagus. Anda bisa membuat bahan tersebut terlihat baru dengan cara cat ulang. Tak hanya lebih menghemat pengeluaran saja, hal ini juga dapat meningkatkan kreativitas Anda. 

Buat Hitungan Volume Harga Pengerjaan
Ada banyak sekali metode perhitungan biaya renovasi rumah yang bisa Anda gunakan. Bahkan tak ada salahnya ada mengumpulkan biaya renovasi sebelumnya yang bisa Anda gunakan sebagai bahan perbandingan. Setelah itu pilihlah metode yang paling hemat. Pastikan Anda melakukan perhitungan secara terperinci mulai dari volume hingga harganya. 

Bila Anda disiplin ketika melakukan poin yang satu ini maka nilai bangunan Anda dapat lebih maksimal dengan biaya yang hemat dan hasil yang bagus. 

Jika Anda teliti saat melakukan ini maka nilai bangunan Anda akan maksimal, biaya hemat hasil terlihat bagus. Saat melakukan perhitungan biaya renovasi, pastikan Anda menghitungnya mulai dari tahapan awal pembangunan hingga tahapan akhir pekerjaan. Selain itu pastikan Anda selalu fokus dengan skala prioritas dan anggaran yang sudah ditentukan.

Hitung Rencana Pengeluaran
Anda bisa membuat perhitungan rencana pengeluaran sendiri seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Namun jika Anda kurang dengan hasilnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Selain itu, jangan lupa untuk membuat Rencana Anggaran Bulanan (RAB) yang disesuaikan berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan. 

Ajak Toko Material Sebagai Rekanan
Saat ini ada banyak sekali toko bangunan yang mampu memberikan kemudahan bagi para calon pembeli ingin melakukan renovasi dengan cara mengangsur ketika membeli material bangunan. Bahkan kedua belah pihak juga saling diuntungkan di mana Anda bisa mengalokasikan dana secara bertahap dan pemilik terbantu dengan pembelian stok secara rutin. 

Jeli dan Hati-Hati Saat Memilih Kontraktor atau Menggunakan Jasa Tukang 
Jasa kontraktor kini sudah sangat umum digunakan saat merenovasi atau membuat rumah. Jika Anda ingin menggunakan jasa kontraktor, maka sebaiknya pilih dengan teliti, dan kontraktor memang berkualitas dan profesional. Jangan sampai demi menghemat biaya Anda lantas menggunakan tukang bangunan murahan yang belum berpengalaman. 

Berhemat di Sisi Pengeluaran Lain yang Tak Terduga
Saat melakukan renovasi, Anda akan sering mendapat kendala terhadap lingkungan. Hal ini merupakan salah satu poin penting yang wajib Anda hindari. Pastikan untuk selalu fokus terhadap anggaran biaya dan lebih fokus terhadap pengeluaran lain yang tak terduga. 

Nah beberapa tips di atas bisa Anda manfaatkan agar anggaran renovasi rumah dapat lebih mudah. Ternyata renovasi hunian tak hanya sekadar merenovasi saja. Ada juga beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan mulai dari biaya hingga pekerja. Untuk itu pastikan Anda selalu menggunakan jasa kontraktor berkualitas dari sejasa.com. 

0 komentar:

Posting Komentar