Jumat, 09 Agustus 2019

Pentingnya Memiliki Asuransi dari Sudut Pandang Orang Tua dan Cara Memilih yang Terbaik


Menjadi orang tua bukan pekerjaan yang gampang. Begitu menikah, ada banyak kesiapan yang harus dipertimbangkan dan mulai dijalankan, salah satunya membeli asuransi. Produk insurance perlu dipersiapkan agar di masa mendatang bisa mengurangi risiko terburuknya. Setelah kamu berkeluarga, pasti kamu akan semakin jelas pentingnya memiliki asuransi dari sudut pandang orang tua.

Mungkin kamu yang masih sendiri atau belum berkeluarga sekarang ini masih menggunakan produk insurance buat kebutuhanmu sendiri. Tapi nanti setelah berkeluarga kamu akan semakin mengerti perbedaan signifikannya dengan menambahkannya buat kebutuhan seluruh anggota keluarga. Sebagai orang tua sudah jelas perlindungan buat anaknya dinomor satukan.

Berbagai cara dilakukan buat melindungi anaknya dari risiko yang nggak diinginkan, pendidikan yang menjamin, selalu sehat terus menerus, dan sebagainya. Tentu anak diharapkan bisa sampai tua dengan masa depan yang baik dan menjanjikan. Sekali lagi, kehadiran asuransi di kehidupan keluarga memang sangat penting, termasuk memberikan masa depan yang baik buat anak-anak kamu nantinya.
Seberapa pentingnya asuransi dari sudut pandang orang tua? Coba kamu pahami beberapa poin ini.

1. Memberikan masa depan yang baik buat keluarganya

Tadi sudah sempat dibilang kalau setiap orang tua pasti mau keluarganya, terutama anak-anaknya punya masa depan yang baik dan menjanjikan. Insurance menjadi jaminan terbaik agar keluarga kamu bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Jadinya, kebutuhan masa kini masih bisa tetap terpenuhi yang sekaligus sudah disiapkan buat masa depan nanti. 

2. Mengurangi kecemasan

Pasti sebagai orang tua kita akan cemas kalau anak tiba-tiba sakit. Dengan segera tabungan harus siap-siap dikeluarkan buat membayar biaya perawatannya di rumah sakit. Tapi, kecemasannya nggak sampai di biaya rumah sakit saja. Belum lagi kalau ada risiko lainnya yang nggak kamu sadari, sehingga kamu menjadi lebih stress dan mental kamu menjadi berantakan.

Di sini asuransi kesehatan bekerja buat mengurangi rasa cemas kamu. Kamu nggak usah lagi repot-repot mengeluarkan biaya yang sangat banyak karena pihak insurance akan membantu biaya perawatan rumah sakitnya. Kamu sedikit lebih lega karena kamu nanti tinggal membayar sisa berapa persennya saja. Tapi bahkan ada yang sampai di cover semuanya sehingga kamu nggak usah bayar apa-apa lagi.

3. Mengurangi risiko di masa mendatang

Risiko menjadi kondisi yang nggak bisa kita duga sebelumnya. Contohnya saja kematian. Kita nggak tahu kapan kematian datang. Kalau ada anggota keluarga yang meninggal, terutama tulang punggung keluarga, kondisi perekonomiannya akan semakin susah karena berkurangnya pendapatan keluarga. 

Tapi berkat asuransi jiwa, risiko finansial berantakan menjadi berkurang. Produk insurance itu bisa memberikan dana dari premi yang sudah dibayarkan oleh pemilik sebelumnya ke anggota keluarganya. Jadinya, kondisi finansialnya akan tetap terjaga buat beberapa waktu.

Sebelum kamu memilih asuransi, coba kamu lihat dulu trik mencarinya agar nggak salah pilih.

1. Pilih premi rendah tapi polis tinggi

Banyak banget yang masih salah pilih perusahaan insurance. Kebanyakan dari mereka pilih premi yang tinggi tapi ternyata polisnya bernilai rendah. Lebih baik kamu pilih preminya rendah tapi nilai polisnya lebih tinggi. Setiap perusahaan sudah menetapkan aturan premi yang harus dibayar berapa besar, entah setiap bulan atau tahunannya.

Kamu harus cari tahu nih berapa premi yang dibayar dan polis yang didapat agar kamu nggak rugi sudah membelinya.

2. Cari tahu latar belakang perusahaannya

Zaman sekarang perusahaan insurance sudah semakin menjamur. Saking menjamurnya, ada yang sampai ilegal dan menipu nasabahnya buat keuntungan pribadinya. Karena itu, kamu harus mencari tahu latar belakang perusahaannya. Mulai dari berapa lama mereka berdiri, apa sudah terdaftar di AAJI, apa sudah masuk OJK, dan lain-lainnya. 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan anggaran

Mencari asuransi nggak gampang dan harus hati-hati karena efeknya bisa kamu pakai seumur hidup. Karena itu, kamu harus pikirkan dengan baik produk insurance apa yang pas buat kebutuhan kamu serta keluarganya. Jangan asal pilih karena preminya murah atau penawarannya menarik. Tapi lihat dari kebutuhan kamu mana yang lebih penting. Sesuaikan juga dengan anggarannya agar gaji kamu bisa dialokasikan dengan baik.

Salah satu insurance yang memberikan pilihan produk sesuai anggaran nasabahnya yaitu Lifepal. Kamu bisa mengestimasikan besaran anggaran yang kamu punya sebelum membeli produknya. 
Secara simple saja pentingnya memiliki asuransi dari sudut pandang orang tua nggak beda jauh dari pemilik asuransi yang belum berkeluarga. Mengurangi risiko di masa mendatang akan jauh lebih baik dipersiapkan lebih dini daripada nanti-nanti yang dampaknya lebih buruk dari dibayangkan.

0 komentar:

Posting Komentar