Minggu, 15 Desember 2019

Pengertian, Jenis, & Tujuan Search Engine Optimization (SEO)


Sebenarnya sudah banyak orang yang familiar dengan kata Search Engine Optimization atau SEO, namun sayangnya masih banyak orang tak mengerti apa itu sebenarnya SEO, kegunaan apalagi cara menggunakannya.

Secara sederhana SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website Anda. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencarian dalam menilai apakah website Anda layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak. 

Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website. Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kedua faktor tersebut. Inilah yang melatarbelakangi SEO. 

Secara umum SEO mempunyai 4 jenis, antara lain :

Page SEO

Maksudnya adalah dengan momodifikasi nama halaman. Misalnya nama asli halaman adalah artikel.php (file asli), misal alamat urlnya index.php?page=berita. Dengan memanfaatkan modul Rewrite menggunakan htaccess, kita bisa mengganti nama sesuai dengan kemauan kita, misal artikle-terbaru.html. Teknik ini juga meningkatkan keamanan web, karena pengunjung yang berniat jahat untuk mengacak-acak webiste kita tidak tahu file apa yang sedang aktif.

Title SEO

Title suatu halaman terbagi 2, yaitu title statis dan title dinamis. Jika anda membuat title statis, berarti title tersebut berlaku untuk semua halaman website. Selanjutnya bagaimana dengan title dinamis. Title dinamis biasanya merujuk kepada judul suatu aritkel. Jika Anda sedang membaca artikel yang judulnya : Jenis-jenis SEO pada artikel ini, Anda akan melihat Title bar menjadi Jenis-jenis SEO. Tetapi ketika Anda klik home (halaman utama), title bar berubah menjadi Tips dan Pengetahuan. Title seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan rating pada search engine berdasarkan judul artikel.

Url SEO

Pada url SEO hampir sama dengan Page SEO, bedanya ialah url SEO bersifat dinamis. Biasanya url seo adalah judul artikel itu sendiri. Contohnya jika judul artikel Belajar Memasak, maka alamat urlnya : http://www.namadomain.com/belajar-memasak.html. Dengan url seperti ini pengunjung lebih mudah mengingatnya jika dibandingkan dengan alamat url : http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa seo). Dengan url SEO akan lebih relevan bagi search engine.

Content SEO

Content berarti isi, yaitu teknik SEO dengan menulis konten artikel sangat relevan dan mendukung dengan judul artikel. Jika anda menulis artikel tentang penyakit kanker, tentu anda harus menjelaskan kanker itu apa, jenisnya, kenapa bisa terjangkit bagaimana cara mengatasinya bahkah kalau bisa sedetail mungkin.

Sekarang, pertanyaan berikutnya apa sih tujuan dan manfaatnya untuk situs? Jika kita tarik dari definisi apa itu SEO dan ilustrasi di atas, maka dapat kita tarik beberapa poin tujuan dan manfaat menerapkan SEO.

- Tujuan paling mendasar dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
- Tujuan lainnya, mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang namanya traffic
- Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
- Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
- Meningkatkan konversi, jika Anda adalah seorang penjual, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang lebih baik.
- Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.

0 komentar:

Posting Komentar