Jumat, 10 Januari 2020

Penyebab Umum Inkontinensia Alvi, Yuk Cari Tahu!


Sumber: halodoc.com

Inkontinensia Alvi merupakan keadaan di mana seseorang tidak bisa menahan diri  ketika ingin buang air besar. Normalnya, orang yang ingin buang air besar masih bisa menahan diri, tetapi bagi orang yang mengidap inkontinensia alvi, mereka tidak bisa menahannya maka dari itu feses akan keluar secara tiba-tiba. 

Feses merupakan hasil dari kombinasi makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tidak tercerna dengan begitu baik, sel-sel yang mati, serta bakteri membentuk menjadi padat. Proses dari keluarnya feses adalah menuju rektum terlebih dahulu yang kemudian keluar dari anus. Proses tersebut juga yang disebut dengan buang air besar. Penyebab umum inkontinensia alvi adalah karena adanya hal yang mengganggu proses tersebut.

Untuk jenisnya menurut hellosehat.com, inkontinensia alvi memang memiliki dua jenis. Namun, yang paling sering adalah jenis urge incontinence. Maksud dari jenis ini ialah ketika kamu ingin buang air besar, tetapi tidak bisa menahannya sebelum kamu bisa menemukan toilet. Kemungkinan besar penyebab dari jenis urge incontinence, adalah adanya sistem otot panggul yang rusak. 

Sedangkan untuk jenis yang kedua dan masih jarang terjadi adalah passive incontinence. Orang yang mengidap jenis ini tidak akan menyadari ketika feses keluar dari anus. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan membuat pengidapnya malu.

Penyebab umum inkontinensia alvi selain dari yang disebutkan di atas yaitu rusaknya sistem pda sfingter anus. Bagi kamu yang tidak mengetahui, sfingter anus merupakan otot-otot yang berada di sekitaran anus dan fungsinya adalah untuk menahan serta merenggang sesuai dengan pengendalian tubuh. Artinya, sfingter anus akan bekerja jika kamu mengendalikannya, dan inkontinensia alvi akan terjadi jika ada kerusakan pada bagian tersebut.

Kerusakan pada sfingter anus juga akan membuat fungsi saraf yang mengontrol atau mengatur busng air besar menjadi kehilangan kemampuannya. Akibat dari rusaknya sfingter anus pun adalah keluarnya tinja yang tidak disadari oleh pengidap dan kerusakan terparah adalah pengidap akan terus menerus buang air besar tanpa henti dan tidak dapat dikendalikan.

Ada beberapa faktor yang lain juga yang bisa membuat inkontinensia alvi ini muncul, seperti sembelit dan juga diare. Karena penyakit-penyakit itu termasuk ke dalam masalah pencernaan dan berhubungan dengan buang air besar. Selain penyakit tersebut, ada pula peradangan usus yang juga bisa menjadi pemicu munculnya inkontinensia alvi serta alzheimer juga bisa mengganggu untuk kemampuan dari uang air besar. 

Jika tadi sudah menjelaskan penyebab umum inkontinensia alvi dan faktor penyebabnya, sekarang kita akan membahas orang yang lebih beresiko mengalami masalah ini. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa faktor resiko, yuk disimak!

Usia

Inkontinensia alvi memang lebih sering mengenai orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Karena pada usia lanjut usia, seseorang akan memiliki resiko mengalami masalah ini.

Melakukan Persalinan

Orang yang sudah melakukan persalinan lebih dari dua kali, memang memiliki resiko lebih besar untuk mengalami inkontinensia alvi karena otot-otot yang dipaksa bekerja saat mengedan ketika persalinan.

Jarang Bergerak

Jika kamu orang yang termasuk sering melakukan bed rest, tidak pernah atau tidak suka berolahraga, lebih sering duduk di kantor, kamu adalah orang yang memiliki peluang besar untuk terkenan inkontinensia alvi.

Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa membuat seseorang lebih memiliki resiko untuk mengidap inkontinensia alvi. Yaitu jenis penyakit yang memiliki hubungan dengan sistem saraf pada pencernaan atau otot-otot di bagian bawah tubuh.

Itulah ulasan mengenai penyebab umum inkontinensia alvi yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar