Sabtu, 11 April 2020

5 Manfaat Menggunakan E-Procurement Bagi Perusahaan


Kemajuan teknologi digital atau internet saat ini telah banyak membantu meringankan kegiatan dan aktivitas sehari-hari, tidak terkecuali dalam hal mempermudah pekerjaan. Pekerjaan-pekerjaan yang dulunya harus memakan waktu berjam-jam atau berhari hari, kini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dengan bantuan teknologi internet. Salah satu kemajuan teknologi internet untuk memudahkan pekerjaan yaitu sistem e-procurement Indonesia yang dapat mempermudah Anda dalam proses pengadaan barang secara online. 

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan sistem e-procurement untuk pengadaan barang Anda perusahaan Anda. 

1. Mengurangi biaya operasional

Bagi perusahaan yang bergerak dalam pembelian barang dan jasa, menggunakan e-procurement tentu akan mengurangi biaya operasional. Sistem ini akan mencegah adanya atau pertambahan biaya atau pengeluaran berlebih untuk proses pengadaan barang seperti jika prosedur yang dilakukan masih menggunakan cara yang manual. Contoh kecilnya adalah mengurangi pengurangan amplop atau perangko untuk pengiriman dokumen-dokumen perusahaan.

2. Pengeluaran lebih transparan

Analisis laporan terkait pengadaan barang dan jasa yang menggunakan sistem online akan lebih memudahkan Anda dan membuat semua pengeluaran dapat tercatat lebih transparan. 

Sistem e-procurement Indonesia misalnya, akan secara otomatis setiap proses pengadaan yang dilakukan. Selain lebih transparan, ini juga membuat setiap proses atau kegiatan pengadaan barang yang dilakukan dapat dipastikan selalu sesuai dengan prosedur perusahaan. 

3. Meningkatkan produktivitas

Pengadaan barang yang dilakukan melalui sistem e-procurement membuat sistem pengadaan barang menjadi lebih mudah, praktis, dan efisien dibanding jika Anda menggunakan sistem secara manual. Seluruh proses pengadaan akan tercatat langsung secara otomatis dalam histori sehingga Anda bisa lebih cepat dan mudah ketika Anda akan kembali mengajukan pengadaan barang atau jasa. 

Template yang ada juga akan membuat Anda bisa mengisi dokumen pengadaan barang lebih cepat. Hal ini tentunya akan meningkatkan produktivitas perusahaan dan akan berpengaruh terhadap income yang didapat perusahaan. 

4. Meningkatkan kecepatan transaksi

Segala sesuatu yang dilakukan dengan sistem online tentu akan lebih cepat dan menghemat waktu, tidak terkecuali untuk proses pengadaan barang. Dengan menggunakan sistem secara online, kecepatan transaksi Anda dengan para vendor akan mengalami peningkatan karena beberapa siklus pengadaan bisa dilakukan dengan lebih singkat. 

5. Meminimalisir kesalahan

Sistem pengadaan online akan lebih meminimalisir terjadinya kesalahan dibanding jika menggunakan cara secara manual. Sistem ini juga akan memudahkan Anda jika harus melakukan koreksi terhadap suatu kesalahan. 

Fitur histori pesanan juga bisa mempermudah Anda dan menjadi referensi saat membuat pesanan baru agar bisa memiliki perbandingan dan menghindari terjadinya kesalahan sebelum proses pembayaran. 

Itulah beberapa kelebihan menggunakan sistem online untuk pengadaan barang bagi perusahaan seperti sistem e-procurement Indonesia. Dengan sistem ini, pekerjaan Anda bisa lebih mudah dan meningkatkan produktivitas kerja. 

0 komentar:

Posting Komentar