Minggu, 31 Mei 2020

Bukan Hanya Dari Harga Timbangan, Berikut Ini Adalah Cara Memilih Timbangan Dapur Terbaik


Istilah ada harga ada rupa tentu saja sudah sangat akrab dengan telinga kita. Ungkapan ini seakan mengatakan kalau setiap barang yang bagus pasti memiliki harga yang mahal. Akan tetapi, hal ini tidak selalu benar sepenuhnya. Termasuk dalam mencari timbangan untuk dapur. Mencari timbangan terbaik bukan hanya dilihat dari harga timbangan saja, tapi juga ada factor lain yang mempengaruhi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

1. Cari timbangan dapur dengan berat maksimum yang sesuai

Salah satu keuntungan menggunakan timbangan adalah Anda bisa mendapatkan ukuran yang lebih pas untuk membuat masakan atau kue. Biasanya, untuk membuat masakan atau kue, bahan yang diperlukan memiliki takaran tertentu yang tidak terlalu banyak. Umumnya hanya beberapa gram saja. Bahan – bahan seperti gula, garam, tepung, dan lain – lain juga hanya perlu dalam jumlah tertentu saja.

Menggunakan timbangan digital di dapur akan membantu Anda untuk bisa menakar bahan makanan dengan lebih mudah dan tepat. Namun, perlu diketahui juga kalau setiap timbangan dapur memiliki kapasitas berat maksimum yang berbeda – beda. Sebagian timbangan hanya bisa mengukur barang – barang ringan saja. Dan ada juga timbangan dapur yang bisa mengukur bahan makanan dalam jumlah yang lebih berat.

Sebelum membeli timbangan dapur, pastikan Anda mengetahui lebih dulu berapa kisaran beban yang Anda butuhkan. Pada dasarnya, semakin besar kapasitas beban yang bisa diukur, maka akan semakin baik. Hal ini berarti Anda bisa mengukur bahan makanan dalam jumlah yang lebih bervariasi.

Sebagai patokan, Anda bisa memilih timbangan dapur dengan kapasitas berat 1 – 2 kilogram. Kapasitas ini sudah cukup untuk Anda yang gemar membuat makanan dalam jumlah kecil. Akan tetapi, jika Anda memiliki anggota keluarga yang relative banyak, timbangan dengan kapasitas 3 kilogram bisa menjadi pilihan yang cukup.

2. Pilih timbangan dengan ketelitian hingga 0,1 gram

Sebelum membeli timbangan digital untuk dapur, tentukan dulu berapa satuan terkecil yang Anda inginkan. Semakin kecil satuan yang bisa ditampilkan, artinya semakin teliti timbangan dapur tersebut. Jika Anda biasa membuat makanan dalam jumlah kecil atau sedikit, Anda bisa memilih timbangan digital untuk dapur yang memiliki ketelitian 1 gram hingga 0,1 gram. 

Akan tetapi, timbangan digital dengan akurasi dan ketelitian yang lebih tinggi biasanya memiliki harga timbangan yang lebih mahal. Namun, hal ini sepadan dengan hasil yang Anda dapatkan. Timbangan satu gram biasanya cocok untuk Anda yang biasa membuat makanan dengan bahan seberat 100 gram atau 200 gram. Akan tetapi, jika Anda hanya membutuhkan 1 gram atau 2 gram bahan, maka timbangan dengan akurasi 0,1 gram akan lebih tepat.

Pada saat Anda mengukur bahan dengan timbangan yang memiliki ketelitian 1 gram, maka berat 1,5 gram hingga 2,4 gram akan tetap terbaca sebagai 2 gram. Padahal beda di antara keduanya cukup jauh dan signifikan. Kesalahan kecil seperti ini bisa jadi membuat hasil akhir masakan atau kue yang Anda buat jadi tidak sesuai yang diharapkan.

3. Pilih timbangan yang mudah disetel ke angka nol

Biasanya, saat harus menimbang bahan makanan, Anda tidak benar – benar meletakkan bahan makanan langsung di atas timbangan. Tapi menggunakan wadah plastic atau kaca sebagai alas. Tentu saja berat wadah tersebut akan tetap terbaca oleh timbangan. Akhirnya, berat yang dibutuhkan jadi cukup meleset dari seharusnya.

Karena itu, Anda membutuhkan timbangan digital untuk dapur yang mudah disetel ke angka nol. Namun, tidak semua timbangan memiliki fitur ini. Karena itu, Anda perlu memeriksa bagian keterangan produk. Timbangan yang mudah disetel ke angka nol biasanya memiliki tulisan “tare function” di bagian fitur.

Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa mengkalibrasi timbangan atau membuat berat wadah menjadi hilang dan bisa diabaikan. Dengan begitu, berat yang Anda hitung benar – benar hanya berat bahan. Akan tetapi, tentu saja harga timbangan yang memiliki fitur ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan timbangan digital yang tidak memiliki fitur tare function tersebut.

4. Pilih timbangan yang tahan air dan mudah dibersihkan

Meskipun sudah dijaga dengan baik, tetap saja timbangan di dapur bisa menjadi kotor. Apalagi jika Anda sering menggunakannya. Karena itu, membersihkan timbangan secara berkala adalah hal penting yang harus dilakukan supaya kondisi timbangan tetap bagus.

Akan tetapi, membersihkan timbangan terlalu sering tentu saja bisa merepotkan. Untuk memudahkan pekerjaan ini, Anda bisa melakukannya sejak masih memilih timbangan digital untuk dapur yang ingin Anda beli. Cari timbangan yang cenderung tahan air dan mudah dibersihkan.

Perhatikan juga bagaimana bentuk timbangan yang ingin Anda debu. Timbangan yang bisa mencegah debu dan serbuk bunga masuk ke dalamnya tentu saja akan lebih mudah dibersihkan. Selain itu, timbangan digital yang terbuat dari stainless steel juga cenderung lebih mudah dibersihkan, akurat, dan juga tahan air.

Timbangan digital untuk dapur biasanya disimpan di ruang dapur yang sering dipakai memasak. Tidak mustahil timbangan Anda akan mudah terkena air, minyak, dan kotoran. Memilih timbangan yang mudah dibersihkan akan membantu meringankan pekerjaan Anda sekaligus menjaga timbangan Anda tetap bersih dan cantik.

5. Utamakan timbangan yang ramping dan hemat ruang

Satu lagi poin yang sering luput dari perhatian banyak orang adalah dimensi dari timbangan digital yang akan Anda pilih. Timbangan dapur dengan bentuk ramping dan hemat ruang tentu saja akan lebih bagus dan disukai. Bukan hanya karena bentuknya yang modern, tapi penyimpanannya juga yang relative mudah.

Anda bisa menyimpan timbangan Anda di mana saja. Tanpa harus memerlukan tempat yang luas. Sebagai contoh, Anda bisa menyimpankan di dalam laci lemari dapur. Selain menghemat tempat, menyimpan timbangan yang ramping dan hemat ruang juga akan membuat Anda lebih mudah menjangkau dan menggunakannya lagi pada saat dibutuhkan.

Itulah beberapa rekomendasi cara memilih timbangan untuk dapur yang bisa Anda gunakan sebagai panduan. Setiap orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda – beda. Karena itu, pastikan juga Anda memilih timbangan dapur yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda malah membeli timbangan dengan harga timbangan yang relative mahal tapi ketika digunakan tidak sesuai dengan selera atau kebutuhan. Seperti terlalu kecil, terlalu besar, kurang akurat, dan lain sebagainya. 

Karena itu, pastikan dulu bahwa timbangan digital untuk dapur yang akan Anda gunakan sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebelum membelinya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang pasti, Anda juga bisa mencari ulasan mengenai produk tersebut melalui website, blog, atau social media lainnya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar